Sabtu, 20 Oktober 2012

Tugas Penulisan 300 karakter


Sistem Waralaba : Franchise atau dalam bahasa Indonesia diistilahkan dengan Waralaba adalah salah satu sistem dalam dunia perdagangan yang hingga saat ni masih dianggap sangat menguntungkan. Bahkan tak kurang dari seorang pakar franchising, Amir Karamoy, menganggap sistem waralaba merupakan salah satu sistem perdagangan yang kebal terhadap resesi ekonomi. Namun demikian, perusahaan-perusahaan di Indonesia hingga saat ini belum terlalu banyak yang mengimplementasikan dan memanfaatkan sistem waralabatersebut, karena sistem ini dipahami secara terbatas. Padahal, di negara maju seperti Amerika, sistem ini merupakan tulang punggung ekonominya, apabila pemahaman sistem ini dapat dilakukan secara benar, dan sangat boleh jadi sistem ini akan berkembang baik di Indonesia.
Sistem ini masih dianggap sebagai salah satu cara yang cukup efektif untuk mengembangkan bisnis, karena sistem ini telah dibuktikan oleh berbagai perusahaan nasional maupun perusahaan berkaliber internasional. Mc Donald, Kentucky Fried Chicken (KFC), California Fried Chicken (CFC), Texas Fried Chicken (TFC) adalah contoh perusahaan bertaraf internasional yang telah berhasil mengembangkan sistem franchise di Indonesia. Nama-nama restoran asing dan segala produk-produknya telah begitu familiar ditelinga masyarakat, tidak saja di kota-kota besar tetapi merasuk jauh di wilayah pedesaan yang jauh dari perkotaan. Perusahaan-perusahaan tersebut bukan saja mampu mengembangkan usaha di negara asalnya, USA, tetapi telah mampu membuktikan dan mengembangkan sayapnya sampai ke penjuru dunia.
Sementara itu di Indonesia hingga saat ini baru tercatat beberapa gelintir pengusaha yang mengembangkan sistem waralaba, dan salah satu pelopornya adalah Sukyatno Nugroho dengan “Es Teler 77″- nya. Di samping itu, ada juga franchise yang saat ini sedang naik daun, yaitu rumah makan ayam bakar “Wong Solo” yang dikelola oleh Puspo Wardoyo melalui PT Sarana Bakar Digdaya. Menurut pihak yang berkompeten di perusahaan tersebut, waralaba Ayam Bakar “Wong Solo” telah tersebar di beberapa kota, seperti : Medan, Aceh, Padang, Pekan Baru, Yogyakarta, Jakarta, Malang, Bali, dan Bandung.

Salah satu keuntungan dari sistem waralaba ini adalah usaha yang dijalankan akan cepat berkembang, semakin banyak perusahaan yang melakukanfranchise, berarti usaha yang dijalankan akan cepat dikenal masyarakat. Sedangkan perusahaan yang bertindak sebagai franchisee juga menjadi sangat menguntungkan, karena label dan segala atribut dan produknya telah dikenal oleh masyarakat umum. Dipihak lain, masyarakat juga sangat diuntungkan, karena sistem ini mengharuskan setiap cabang punya standar yang sama dengan perusahaan induk, baik di bidang : promosi, desain, proses produksi dan pelayanannya.
Tidak mengherankan kalau ada pengusaha atau perusahaan yang dalam waktu relatif singkat mampu tumbuh dan berkembang menjadi besar berkat sistem waralaba tersebut. Sistem waralaba ini sebenarnya tidak hanya cocok untuk usaha restoran atau makanan, namun karena di Indonesia sistem ini banyak dikembangkan di bidang restoran. Sistem waralaba (penggunaan merek terkenal) pada dasarnya adalah salah satu sistem perluasan pasar, yang dilakukan oleh perusahaan yang telah mantap atau mapan dan punya nama. Manajemen dan tingkat profitabilitas perusahaan induk biasanya telah stabil, sehingga bisa memberi keuntungan timbal balik antara perusahaan induk dan perusahaan yang melakukan kerja sama dengan sistem waralaba.

Narasumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar