Kamis, 07 November 2013

KOPERASI DI TENGAH MARAKNYA PERKEMBANGAN PERBANKAN DI INDONESIA

Jika ditelaah lebih dalam lagi sebenarnya dunia koperasi dan perbankan itu hampir memiliki beberapa kesamaan dalam memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat Indonesia, yaitu sama-sama menyediakan layanan simpanan dan pinjaman untuk masyarakat. Tapi, disisi lain tidak bisa dipungkiri bahwa yang namanya koperasi itu berjalan atas dasar untuk mensejahterakan para anggotanya dan sumber modal mereka berasal dari sumbanagan para karyawannya sedangkan perbankan tidak.

Saat ini mungkin jika kita melihat di kota-kota besar contoh kecilnya saja Jakarta dan sekitarnya, orang-orang sudah jarang untuk bertransaksi entah transaksi apapun itu di koperasi. Karena mereka lebih memilih untuk bertransaksi melalui perbankan, terutama untuk hal tabungan dan masalah keuangan lainnya. Selain karena prosesnya yg mudah dan fleksibel, juga fasilitas yg ditawarkan di bank yang sudah sangat maju demi menarik hati para nasabahnya seperti menyediakan fasilitas e-banking, ATM, dan sebagainya. Sehingga orang-orang tersebut lebih memilih untuk bertransaksi seperti menabung di bank, dikarenakan hal tersebut. Bukan berarti disini hamper 90% atau lebih orang-orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta tidak ada yang mau bertransaksi melalui koperasi. Sungguh disayangkan memang jika pamor dari koperasi itu sendiri kalah jauh dari dunia perbankan yang bertebaran di mana-mana menghiasi perkembangan perekonomian negeri ini. Padahal koperasi juga merupakan salah satu dari tonggak kemajuan dan pertumbuhan perekonomian di negeri ini.

Oleh karena itu agar koperasi di negeri ini bisa menarik hati masyarakat Indonesia untuk bertransaksi terutama dalam hal keuangan, ada baiknya jika koperasi melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh perbankan-perbankan di Indonesia dalam hal merebut hati para nasabahnya. Caranya yaitu menerapkan sistem teknologi dan informasi dalam segala bidang/hal transaksi, sehingga memudahkan para nasabahnya untuk melakukan transaksi apapun di koperasi. Karena mungkin salah satu faktor mengapa orang-orang lebih suka untuk melakukan transaksi keuangan di bank adalah karena adanya kemudahan transaksi yang berbasis teknologi dan informasi. Dan semoga kedepannya koperasi bisa menempuh jalan yang sama agar koperasi tidak kalah pamor dan bisa bersaing dengan dunia perbankan di Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar