Jumat, 12 Juli 2013

Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah di Depok



Di tengah pesatnya dan majunya perkembangan perekonomian kota Depok, provinsi Jawa Barat. Tentunya tidak lepas dari perkembangan usaha–usaha yang dilakukan oleh para pengusaha yang ada di kota Depok. Dari usaha berskala kecil menengah sampai usaha berskala besar. Saat ini pemerintah kota Depok sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan mengenai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk lebih menggerakkan roda perekonomian kota Depok yang suda sedemikian maju ini.

Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai macam usaha dan upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah kota Depok melalui Wali Kotanya, Bapak Nur Mahmudi Ismail yang bekerja sama dengan kelompok UKM dari Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta untuk menciptakan produk baru di bidang kuliner. Dimana hal ini seiring dengan program yang digencarkan oleh Pak Walikota yaitu sehari tanpa nasi (one day no rice) yang dilaksanakam setiap hari selasa.

Pak Nur Mahmudi mengatakan bahwa kelompok UKM Gunung Kidul telah mendapat bimbingan teknologi pertanian di Yogyakarta, yakni membuat menu mi alternatif untuk menghindari ketergantungan kepada terigu.

Selain itu ada juga upaya-upaya lain yang dilakukan, seperti mengadakan stand pameran yang diikuti sebanyak 50 UKM kota Depok dalam rangka memeriahkan  seminar nasional “Peranan Masyarakat Perkotaan Terhadap Peningkatan Kualitas Gizi dan Kecerdasan Bangsa” yang dilaksanakan di Hotel Bumi Wiyata beberapa waktu yang lalu. Dimana setiap stand menyajikan kreasi andalan masing-masing.

Tentu saja dengan usaha-usaha yang dilakukan oleh pemerintah kota Depok dan masyarakat kota Depok tersebut dalam rangka lebih memajukan perkembangan usaha kecil dan menengah di kota Depok, sudah sewajarnya kita sebagai masyarakat Depok mendukung kegiatan tersebut. Karena UKM ini  juga memiliki andil dan peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi kota Depok yang kita cintai ini selain sektor-sektor penggerak ekonomi lainnya.

(sumber : http://ekbis.sindonews.com/read/2013/06/29/34/755472/depok-gandeng-ukm-gunung-kidul dan http://www.depok.go.id/03/05/2013/10-ekonomi-kota-depok/ukm-depok-semakin-kreatif-dan-inovatif)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar