Jumat, 28 Juni 2013

Hubungan Antara Pengangguran dan Kemiskinan



Pengangguran dan kemiskinan adalah dua hal yang sangat tidak asing lagi dan sudah mendarah daging bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Karena kedua hal tersebut adalah permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dimana kita tidak bisa menutup mata akan hal tersebut. Pengangguran dan kemiskinan itu sendiri sangat erat kaitannya dengan masyarakat yang hidup dalam garis ekonomi menengah ke bawah, dan umumnya mereka berasal dari desa yang berbondong-bondong pergi ke kota-kota besar untuk mendapatkan penghasilan dan hidup yang layak dengan kemampuan mereka yang pas-pasan.

Pengangguran
Pengangguran itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor sosial, diantaranya para pekerja, sebut saja buruh yang menjadi korban PHK perusahaan-perusahaan atau pabrik-pabrik yang menyebabkan mereka kehilangan pekerjaan mereka untuk membiayai hidup keluarga karena perusahaan atau pabrik tempat mereka gulung tikar akibat krisis ekonomi. Selain itu, pengangguran juga bisa disebabkan dari seseorang yang tidak mendapatkan lapangan pekerjaan karena latar belakang pendidikannya hanya sampai SD/SMP/SMA atau bahkan putus sekolah sehingga ia tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

Kemiskinan
Kemiskinan sendiri juga merupakan salah satu permasalahan sosial yang sudah menjadi permasalahan global di hampir semua negara, tidak terkecuali di Indonesia. Kemiskinan sendiri juga disebabkan oleh berbagai faktor yang tidak jauh berbeda dengan pengangguran. Kemiskinan itu sendiri merupakan suatu permasalahan yang rumit dan tidak sederhana. Banyak yang mengatakan bahwa kemiskinan itu disebabkan karena seseorang tidak bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari, baik untuk makan, pakaian, tempat tinggal, kesehatan, dan pendidikan. Tentu saja alasan tersebut betul sekali dan sangat masuk akal, tetapi diluar itu juga ada hal lain yang menyebabkan seseorang tersebut mengalami kemiskinan, antara lain sulitnya akses seseorang terhadap pekerjaan.

Oleh karena itu, menurut saya pengangguran dan kemiskinan itu sendiri memiliki hubungan yang sangat erat dalam masyarakat hingga saat ini terutama di Indonesia. Karena dengan meningkatnya pengangguran maka secara otomatis tingkat kemiskinan di negeri ini juga akan meningkat. Hal tersebut juga akan menyebabkan beberapa perilaku menyimpang seperti tingkat kriminalitas yang tinggi  dan beberapa masalah sosial lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar